Knalpot Motor Keluar Asap Warna Hitam & Putih

Motogila.com – Buat pemilik motor matik perlu waspada jika knalpot mengeluarkan asap. Umumnya penyebab masalah motor bisa dikenali dari warna asap, yakni hitam dan putih.

Servis Advisor Bengkel Resmi Honda di bilangan Depok, Sony menjelaskan umumnya masalah knalpot dengan asap hitam terjadi pada motor karburator. Namun tak menutup kemungkinan juga menimpa motor injeksi karena jumlah bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar tidak sesuai.

“Asap hitam biasanya muncul karena settingan bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak,”

Penyebab lainnya bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti busi, piston, dan seal klep sudah mengalami keausan. Tak menutup kemungkinan seperti pengapian pada koil sudah mulai melemah. Tapi jika komponen di atas oke, maka pemilik motor harus melakukan servis besar untuk mengecek ruang pembakaran.

“Biasanya terjadi penumpukkan kerak karbon pada ruang pembakaran, karena kebiasaan menggunakan jenis BBM dengan timbal,” jelas Sony.

Masalah motor lain yang bisa terdeteksi ialah asap berwarna putih. Sony menjelaskan kemungkinan besar komponen seperti ring piston, boss klep, seal klep mengalami keausan. Bisa juga asap putih dikarenakan piston baret, hingga celah klep bocor.

Jika komponen di atas mengalami keausan maka oli bisa masuk ke ruang pembakaran hingga ikut terbakar. Inilah yang menyebabkan asap warna putih pada motor 4-tak.

“Selain karena faktor umur, biasanya juga pemilik motor tidak apik merawat motor atau telat mengganti oli,” kata Sony.

Untuk waktu pergantian oli, rata-rata pabrikan menganjurkan penggantian oli motor setiap 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali. Jadi mana yang tercapai lebih dahulu.

Bagikan artikel Via