Bensin Eceran Aman Atau Tidak Untuk Kendaraan?

Motogila.com Bensin eceran saat ini sudah banyak dijumpai di berbagai tempat di Indonesia, banyaknya yang jual memang bisa membantu pengendara ketika butuh bensin terdekat.

Namun jika terlalu sering memakai bensin eceran Mengutip laman MyPertamina, bensin eceran memiliki sejumlah dampak buruk pada kendaraan kamu. Pasalnya, kualitas bensin eceran tidak diketahui dengan pasti.

Terlebih jika ada oknum nakal, kemungkinan bisa jadi bensin merupakan campuran dengan sedikit bensin murni dengan bensin kualitas rendah bahkan di campur dengan air. Sehingg kualitas bensin sudah tidak bagus lagi.

Meskipun bensin tidak di campur kebanyakan bensin eceran disimpan menggunakan botol kaca dan dipajang di pinggir jalan sehingga sangat rentan terkena matahari. sehingga bisa membuat komposisi kimiawi berubah. Kualitasnya pun memburuk.

Hal itu bisa berdampak buruk buat mesin. Mesin jadi jadi berkerak lantaran adanya perubahan komposisi tersebut. Kerak umumnya timbul di beberapa bagian seperti klep, piston, hingga kepala silinder. Kerak-kerak itu bisa menyebabkan mesin ngelitik.

Dampak buruk penggunaan bensin eceran terus-menerus juga membuat pompa bensin rusak. Pompa bensin rusak artinya tidak bisa mengalirkan BBM dengan baik dan mengakibatkan mobil mogok. Untuk memperbaikinya, siap-siap kamu bakal merogoh kocek lebih dalam untuk membetulkannya.

Kerusakan fatal akibat penggunaan bensin eceran adalah turun mesin. Tentu proses ini membutuhkan biaya yang sangat menguras kantong.

Untuk menghindari potensi tersebut, pastikan kamu mengisi BBM di SPBU terdekat. Biasanya BBM di SPBU telah melewati serangkaian pengecekan untuk memastikan kualitasnya terjamin.

Bagikan artikel Via