Hasil MotoGP Jepang 2022 Sirkuit Motegi

Hasil MotoGP Jepang 2022 Sirkuit Motegi Ronde 16 dari 20

PosisiPembalapNegaraTimWaktu/Diff
1Jack MillerAUSDucati Lenovo (GP22)42m 29.174s
2Brad BinderRSARed Bull KTM (RC16)+3.409s
3Jorge MartinSPAPramac Ducati (GP22)+4.136s
4Marc MarquezSPARepsol Honda (RC213V)+7.784s
5Miguel OliveiraPORRed Bull KTM (RC16)+8.185s
6Luca MariniITAMooney VR46 Ducati (GP22)+8.348s
7Maverick ViñalesSPAAprilia Racing (RS-GP)+9.879s
8Fabio QuartararoFRAMonster Yamaha (YZR-M1)+10.193s
9Enea BastianiniITAGresini Ducati (GP21)+10.318s
10Marco BezzecchiITAMooney VR46 Ducati (GP21)*+16.419s
11Johann ZarcoFRAPramac Ducati (GP22)+16.586s
12Pol EspargaroSPARepsol Honda (RC213V)+17.456s
13Alex MarquezSPALCR Honda (RC213V)+18.219s
14Franco MorbidelliITAMonster Yamaha (YZR-M1)+19.012s
15Cal CrutchlowGBRWithU Yamaha RNF (YZR-M1)+19.201s
16Aleix EspargaroSPAAprilia Racing (RS-GP)+25.473s
17Fabio Di GiannantonioITAGresini Ducati (GP21)*+27.006s
18Raul FernandezSPAKTM Tech3 (RC16)*+29.374s
19Remy GardnerAUSKTM Tech3 (RC16)*+29.469s
20Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)+43.294s
 Francesco BagnaiaITADucati Lenovo (GP22)DNF
 Alex RinsSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)DNF
 Darryn BinderRSAWithU Yamaha RNF (YZR-M1)*DNF
 Takuya TsudaJPNSuzuki Ecstar (GSX-RR)DNF
 Tetsuta NagashimaJPNHRC Team (RC213V)DNF
Hasil MotoGp Jepang 2022

Lihat juga hasil klasemen motogp 2022

Jack Miller meraih kemenangan MotoGP keempatnya – tetapi yang pertama musim ini – dengan penampilan dominan di Grand Prix Jepang di Motegi, sementara rekan setimnya di Ducati Francesco Bagnaia tersingkir saat mencoba melewati saingannya, Fabio Quartararo di lap terakhir.

Miller bergabung di podium oleh Brad Binder dari KTM dan Jorge Martin dari Pramac, dalam balapan yang membuat Quartararo dan Bagnaia bertarung di posisi sepuluh besar dan sesama penantang gelar Aleix Espargaro dipaksa untuk memulai dari pit lane.

Mulai dari pole pertamanya dalam tiga tahun, Marc Marquez adalah satu-satunya pembalap yang tiba di grid dengan ban belakang keras. Dia kemudian berganti ke yang lembut tetapi serentetan pengendara – termasuk Bagnaia dan rekan setimnya di pabrikan Ducati Miller – pergi ke arah yang berlawanan, beralih ke belakang yang keras.

Drama yang jauh lebih besar terjadi ketika posisi ketiga dalam kejuaraan Aleix Espargaro, yang akan mendahului rivalnya di urutan keenam, tiba-tiba diadu di akhir putaran formasi karena masalah teknis.

Pembalap Spanyol itu benar-benar menjatuhkan RS-GP ke lantai saat ia melompat ke sepeda cadangannya dan bergabung dengan balapan yang jauh ke-25 dan terakhir.

Sementara itu, Brad Binder dari KTM mengubah barisan depan MotoGP pertamanya menjadi holeshot. Tapi Jorge Martin segera menyerang, melewati Marquez dan Binder untuk memimpin lap pembuka.

Pemerintahan Martin tidak berlangsung lama dengan Ducati lain juga bergerak. Miller – tercepat di lintasan kering pada hari Jumat – mengukir dari urutan kelima hingga pertama dan segera mengancam untuk menjauh.

Pada tahap pertengahan dari 24 lap, Miller yang tak tertandingi telah menarik keunggulan tiga detik atas Martin, dengan KTM dari Binder dan Miguel Oliveira, ditambah Marc Marquez, memperebutkan posisi podium terakhir.

Lebih jauh ke belakang, setelah hanya tertinggal di urutan ke-9 dan ke-12 pada kualifikasi basah, pemuncak klasemen Quartararo dan Bagnaia masih berjuang untuk membuat dampak di urutan ke-8 dan ke-10.

Di antara mereka adalah pemenang Aragon Enea Bastianini, yang menyebabkan Davide Tardozzi menjauh dari layar TV saat ia meluncurkan umpan jarak dekat ke calon rekan setimnya Bagnaia.

Bagnaia melawan Bastianini di lap penutup, menempatkannya tepat di belakang Quartararo.

Pembalap Italia itu cukup dekat untuk menyerang Yamaha pada lap kedua dari belakang, tetapi itu berakhir dengan bencana ketika ia kehilangan bagian depan saat menyelam untuk masuk ke tikungan 2, hanya kehilangan bagian belakang M1 dari pembalap Prancis itu saat ia meluncur ke kerikil.

Aleix Espargaro juga tidak memiliki poin di urutan ke-16, yang berarti Quartararo meningkatkan keunggulan kejuaraan dunianya menjadi 18 poin meskipun hanya finis di urutan kedelapan.

Marc Marquez, yang meragukan kekuatan fisiknya untuk menyerang jarak penuh, menempati posisi kelima untuk sebagian besar balapan sebelum merebut posisi keempat dari Oliveira dengan 3 lap tersisa.

Terpaksa keluar setelah dua insiden lap pembukaan saat kembali ke aksi MotoGP di Aragon akhir pekan lalu, Marquez dengan demikian menempuh jarak penuh untuk pertama kalinya sejak Mugello pada Mei dan menyamai hasil terbaiknya musim ini.

Binder melewati Martin untuk posisi kedua di awal putaran terakhir.

Bintang tuan rumah Takaaki Nakagami, yang menunggangi rasa sakit akibat cedera tangan kanan dari Aragon, finis di urutan ke-20 dan terakhir.

Juga di trek akhir pekan ini adalah test rider Suzuki Takuya Tsuda dan test rider Honda Tetsuta Nagashima. Keduanya masuk sebagai wild-card di depan fans tuan rumah mereka, meskipun Tsuda secara teknis menggantikan Joan Mir yang cedera.

Perlombaan Tsuda berakhir spektakuler ketika GSX-RR miliknya meledak di jarak menengah. Untungnya bagi Miller, bendera merah tidak diperlukan. Acara kandang terakhir yang menjadi mimpi buruk bagi Suzuki menjadi lengkap ketika Alex Rins memasuki pit dan pensiun karena masalah mekanis.

Pembalap merayap ke grid pada putaran pemanasan, tanda yang terlihat dari kekhawatiran atas konsumsi bahan bakar. Tidak adanya Motegi dari kalender pada 2020 dan 2021, karena pembatasan Covid, berarti sepuluh dari pebalap penuh waktu memiliki pernah membalap di sirkuit sebelumnya di kelas utama: Brad Binder, Alex Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Luca Marini, ditambah rookie tahun ini Marco Bezzecchi, Fabio di Giannantonio, Darryn Binder, Remy Gardner dan Raul Fernandez.

Jendela perjalanan yang ketat untuk mengangkut barang dari Aragon berarti jadwal latihan yang direvisi, dengan sesi latihan pembukaan yang tertunda dan diperpanjang mulai pukul 15:05-16:20 pada hari Jumat. Latihan Bebas 2 ditunda ke Sabtu pagi, namun, FP3 yang direncanakan dibatalkan karena badai dan kualifikasi basah berarti pemanasan hanya sesi kering kedua akhir pekan.

Bagikan artikel Via