Mesin Nmax Lama dan Nmax Baru

Bedanya Mesin Nmax Lama dan Nmax Baru

Motor All New Yamaha Nmax tidak hanya mendapat pembaruan dari segi desain dan penambahan fitur, keluarga Maxi Yamaha ini juga mendapatkan dapur pacu yang benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya.

“Engine Nmax terbaru beda dengan Nmax lama. Tetap pakai Bluecore 155 cc dan VVA masih sama,” kata Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin, di acara All New Nmax 155 Workshop, Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lanjut Ridwan menjelaskan, mesin Nmax terbaru mengalami perubahan di area klep. Area klepnya kini menggunakan ukuran 20.5 mm dari sebelumnya 19.5 mm.

“Jadi area head benar-benar baru. Tidak bisa dipindah-pindah (ke Nmax lama-red),” jelas Ridwan.

Selain head, piston All New Nmax juga menggunakan piston baru. “Piston All New Nmax menggunakan piston R15, yang pakai VVA. Dengan berbagai ubahan itu, All New Nmax mengalami kenaikan kompresi 11.6:1 dari 10.5:1. Ini yang menyebabkan tenaga Nmax baru makin besar,” katanya lagi.

Selain mesin, All New Nmax baru juga dilengkapi dengan boks filter udara baru. Ukurannya sekarang lebih besar, dengan 4,3 liter dari 3,7 liter. Boks baru memberi kontribusi tenaga lebih besar, karena otomatis udara yang masuk ke ruang bakar juga lebih besar pula.

Lantas berapa kenaikan tenaga All New Yamaha Nmax dibanding generasi pendahulunya?

“Tenaganya naik dari 11,1 kW jadi 11,3 kW. Torsi dari sebelumnya 14,4 Nm jadi 13,9 Nm,” kata Ridwan.

“Tujuaannya supaya mesin lebih smooth, atau linear acceleration (lebih merata). Tapi kalau (rpm) udah naik, tenaganya tetap jos,” pungkasnya.

Bagikan artikel Via